Cara Mudah Membuat Aplikasi Portable

Pada postingan sebulumnya saya sudah membahas tentang Aplikasi Portable, Nah pada kesempatan ini, saya akan coba ngebahas sedikit definisi tentang apa yang dimaksud aplikasi portable itu..



Cara Mudah Membuat Aplikasi Portable
The Collection : Andye Stc Blog

Ini nih definisi sederhananya “Aplikasi Portable adalah aplikasi/program/software yang dapat dijalankan/dieksekusi tanpa perlu melalui proses installasi”. Aplikasi ini dapat disimpan di berbagai media penyimpanan, salah satunya adalah Flash Drive. Dengan cara ini, kita dapat menjalankan aplikasi portable apapun melalui media storage walaupun dikomputer tersebut aplikasi yang bersangkutan tidak terinstall.

Banyak situs yang mengembangkan Aplikasi Portable siap pakai, salah satunya adalah PortableApps . Anda bisa menemukan banyak sekali Aplikasi Portable disini. Ada juga 100 Portable Apps for your USB Stick  yang merupakan 100 aplikasi yang paling sering digunakan. Silahkan dicek, mungkin salah satunya sangat anda butuhkan.

Definisi dan manfaatnya dah kita bahas. Trus,  bagaimana membangun aplikasi portable tersebut?. Disini kita akan mempelajari langkah-langkah untuk membangunnya. Pada kasus ini saya akan memcoba Software Thinstall 3.348

Sebelumnya baca halaman berikut Free Download USB Security 2012

Tutorial

1. Download software Thinstall disini (Thinstall 3.348 Full Version).
2. Install Thinstall yang telah didownload tadi, kemudian jalankan programnya (Setup Capture).
3. Klik Start seperti pada Screenshot gambar dibawah.
Screenshot

4. Kemudian pilih directory yang akan discan, pilih saja System, yang biasanya di C:\. Lalu klik Pre-Install Scan dan tunggu beberapa menit hingga proses selesai.
Screenshot

5. Setelah itu, akan ada jendela tampilan seperti gambar di bawah, jangan diapa-apakan dulu, biarkan saja. Kemudian install aplikasi/software yang akan dijadikan portable. Pada contoh yang aku gunakan adalah Piriform Defraggler.
Screenshot

6. Setelah proses instalasi selesai, buka jendela tampilan Thinstall yang kita biarkan tadi, lalu klik Post-Install Scan.

7. Klik Continue, tapi pastikan bahwa Name yang dipilih sudah benar, yaitu aplikasi yang akan dijadikan portable.
Screenshot

8. Kemudian klik Save Results, lalu klik Continue dan Quit. Untuk windows XP, folder penyimpanan secara default berada di C:\Program Files\Thinstall.VS\Captures\’aplikasi yang akan dijadikan portable’.
Screenshot

9. Kemudian buka folder penyimpanan tadi, cari file Package.ini dan buka dengan notepad atau sejenisnya. Ganti CompressionType=None dengan CompressionType=Fast dan ganti DirectoryIsolationMode=WriteCopy dengan DirectoryIsolationMode=Merged, lalu simpan (save).
Screenshot


10. Copy file #attributes yang ada di folder %Desktop% ke folder yang terdapat file build.bat
Screenshot

11. Jalankan build.bat, akan muncul jendela dos, biarkan saja dan tunggu sampai selesai. Nanti akan tercipta folder bin yang di dalamnya berisi aplikasi portable yang kita kehendaki.
Screenshot

12. Selamat, anda sudah berhasil.

Catatan
  • Link Download akan mengantarkan Anda ke situs adf.ly, Jika situs tersebut sudah terbuka silahkan tunggu 5 detik dan Klik tombol SKIP AD yang berada di pojok kanan atas dari Browser Anda untuk masuk ke Hosting Download
  • Jika ada masalah dengan Link Download adf.ly silahkan masuk DISINI

Setelah membaca tutorial di atas, kelihatannya rumit karena banyak langkah-langkahnya. Hal ini saya sengaja biar tidak ada kekeliruan dalam pembuatan aplikasi portablenya, tapi sebenarnya sangat sederhana dan mudah.

Semoga bermanfaat.
Sumber : Ghofur JEHZ   Kategori : Trik Windows

Description: Cara Mudah Membuat Aplikasi Portable Rating: 3.5 Reviewer: Andis Ruswandi ItemReviewed: Cara Mudah Membuat Aplikasi Portable

3 comments:

The Geeks said...

makasih informasinya, salam kenal dari saya yaa.. kunjungan baliknyaa :)
thank you :)

Unknown said...

Terimakasih atas informasinya :)
http://bit.ly/1GJaHgb

Anonymous said...

Cara Mudah Membuat Aplikasi Portable >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Cara Mudah Membuat Aplikasi Portable >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Cara Mudah Membuat Aplikasi Portable >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Post a Comment

Saya Orang Baru Yang Mengenal Dunia Blog
Silahkan meninggalkan komentar, pertanyaan, kesan, pesan dan saran pada kotak komentar dibawah ini.

> Hanya menerima komentar yang berhubungan dengan artikel, atau berupa kritik dan saran yang berhubungan dengan Blog ini.
> Komentar Sara, Spam, Link atau Anonim tidak diizinkan.
> Setiap komentar yang masuk akan saya approve kecuali komentar yang menyalahi aturan.
> Terima kasih telah berkunjung di Blog sederhana ini. Salam sukses..!

* Update 20 Desember 2012

Recent Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search

Problems, Questions

Name:

Mail:

Comment:




Flag Counter